MAKANAN KHAS BANGKA BELITUNG

ni namanya lakso, makanan khas Bangka yang dibuat dari tepung beras dan penyajiannya dengan kuah santan yg dicampur dengan ikan.


Berhubung diri ku sedang lapar,#ngerenyem bahasa bangka e# maka hari ini kita bahas mengenai makanan. apalagi kalau bukan makanan favorit saya, dari bangka belitung.
#sambel binjai, sambel bacang# *mantab mamen*

Karena Propinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dominan terdiri dari wilayah lautan, maka ciri khas utama makanan masyarakatnya berhubungan dengan hasil – hasil laut atau hasil olahan hasil laut, disamping hasil perkebunan yang ada. Jenis makanan tersebut yaitu; aneka makanan hasil laut yang diawetkan seperti Cumi kering, Ikan kering, Cacing laut atau Wak – wak kering, Udang kering, Siput Gung -gung, Teripang, Sirip Hiu, Rusip, Kecalok, Pekasem. Kemudian aneka makanan hasil olahan hasil laut seperti Keretek, Kempelang, Kericu, Kerupuk, Sambel Lingkung, Terasi, Otak – otak, Empek – empek, Lakso, Bergo dan Pantiau. Disamping makanan khas bercirikan hasil laut terdapat pula aneka jenis peganan tradisional seperti Martabak Bangka atau Hok Lo Pan, Rintak sagu, Gandus, Kue Rangai, Kue Talam, Kue Bugis, Kue Jongkong dan Dodol khas yang disebut Lempok Cempedak atau Durian. Kemudian dikenal pula hasil alam berupa Madu Pahit dan Madu Manis asli dari Lebah hutan Pulau Bangka dengan rasa dan khasiat tersendiri, sangat baik untuk kesehatan.

Masakan khas tradisional yang terkenal adalah
1. Lempah Kuning. Lempah ini merupakan makanan yang khas dan menjadi makanan utama dalam keluarga dan masyarakat, juga menjadi makanan dalam upacara adat dan keagamaan. Dalam tradisi masyarakat Pangkalpinang yang disebut Sepintu Sedulang, segala sesuatu dikerjakan secara bersama -sama, biasanya sebelum melakukan suatu pekerjaan atau hajatan besar atau setelah bekerja bersama, masakan Lempah Kuning adalah lauk pauk utama yang dimasak bersama dan dimakan bersama – sama.

2. Getas / keretek. Umumnya makanan ringan yg dipanggil Getas/Kretek ini terbuat dari ikan tenggiri. Enak buat jadi camilan atau teman makan yg lain. Sering dijadikan oleh2 saat pulang dari Bangka.

3. Martabak manis Bangka .
kalo di isi keju, coklat, wijen… enakkk gile,, haha.. martabak manis bangka di buat dari tepung terigu.

4. Sambal binjai..
buah binjai tu rasanya agak kecut, sepat, dll lah. tapi kalo udah di gabung sama belacan a.k.a terasi… jadilah sambal binjai yang tak tertandingi..

5. Otak-otak khas bangka.
otak-tak ini biasanya terkenal berasal dari daerah belinyu di bangka belitung. dibuat dari ikan tenggiri, trus di makan pake sambel tauco.. maknyuss…

6. Kue rintak khas bangka
bentuk nya kayak bunga, trus rasanya manis2 khas. di buat dari tepung terigu, tepung sagu, telur, kelapa, gula aren, gula pasir…

 

Oke berikut makanan khas Bangka Belitung terkenal di indonesia :
Makanan Khas Bangka Belitung Indonesia
Mie atau mi Bangka adalah salah satu dari sekian banyak ciri khas masyarakat pulau bangka, terbuat dari mie basah (kuning) biasa yang disiram dengan kuah berbumbu yang biasanya terbuah dari ikan, udang, cumi, atau kepiting. dan seringkali ditambahi dengan toge atau kecambah, mentimun atau timun, dan kerupuk, lezat bila dihidangkan waktu masih panas, dan ditambahi rasa pedas dari cabe.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s